Jmol

Jmol

jmol

In English Meanings :

            Jmol is a Java-based molecule viewer that has been developed as a cross-platform replacement for the Chime plugin. Available as an applet for web pages or as a stand-alone application. It can read multiple file formats, create animations, show molecular vibrations, and supports the Chime scripting language.

Jmol adalah aplikasi kimia yang digunakan di linux yang memungkinkan kita untuk membuat animasi senyawa-senyawa kimia sehingga dapat memudahkan kita dalam pembelajaran kimia. Kimia merupakan materi yang banyak berhubungan dengan mengkhayal, maksudnya mengkhayal bentuk-bentuk moleku, oleh karena itu kita butuh aplikasi yang dapat memvisualisasikannya sehingga lebih mudah untuk dipelajari.

Berikut tampilan awalnya :

gambar1

untuk lebih mudah kita langsung mengaplikasikannya saja,,langsung saja kita praktekan…

saya akan membuat molekul sederhana pentana yang pastinya semua tahu molekul ini, pertama kita hanya klik icon berwarna biru putih di tampilan seperti di atas sebnayak yang kita inginkan, disini saya klik sebanyak 5 kali.

1

 

jika kita ingin megubah salah satu atomnya untuk menjadi moleku lain kita hanya tinggal klik kanan pada molekul tersebut, kemudian klik icon paling atas dan pilih sesuai dengan yang dikehendaki, disini akan mengubahnya menjadi klorobutana :

2

 

kita juga dapat memutar molekul tersebut agar terlihat dari sisi mana saja dengan menu icon yang berwarna hijau seperti di bawah ini :

3

 

anda juga dapat melihatnya dengan tampilan yang menarik dengan mengubahnya ke bentuk Van der Walls surface, caranya hanya dengan klik kanan pada layer tersebut → surfaceVan der walls surface :

5

 

selain itu kita juga dapat membuat molekul tersebut berputar sesuai arah spinnya, dengan cara klik kanan kemudian pilih spin dan kemudian klik on…tampilannya seperti di bawah :

7

kita juga dapat melihat tampilannya dalam bentuk molekuler surface dengan cara klik kanan kemudian surface dan pilih molekuler surface :

9

apabila anda ingin melihat molekul lengkap dengan sumbunya maka anda hanya tinggal klik display kemudian Axes :

10

selain itu kita juga dapat mengetahui nama, ataupun simbol dari molekul tersebut dengan klik display dan kemudian atom, setelah itu pilih sesuai keinginan….

 

Terima Kasihhh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s