Kadar Zat Dalam Senyawa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran            : KIMIA

Kelas/ Semester           : XII/2

Materi Pokok              : Kadar zat dalam senyawa

Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

 

I. Standar Kompetensi

3. Mendeskripsikan karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya serta terdapatnya di alam.

 

II. Kompetensi Dasar

3.4. Menentukan kadar zat dalam produk kimia misalnya NaClO dalam pemutih.

 

III. Indikator

3.4.1. Merancang percobaan penentuan kadar zat dalam bahan, misalnya NaClO dalam pemutih dengan penuh tanggung jawab.

3.4.2. Menentukan kadar zat NaClO dalam pemutih dengan teliti dan cermat.

A. Kognitif:

a. Menentukkan kadar zat NaClO dalam pemutih.

B. Afektif:

a. Mengemukakan pendapat

b. Menjadi pendengar yang baik

c. Aktif di kelas

d. Bekerja sama dalam kelompok

C. Psikomotor:

a. Memilih alat praktikum

b. Merangkai alat praktikum

c. Menggunakan alat praktikum

d. Mengamati dan mengumpulkan data hasil percobaan

 

IV. Tujuan Pembelajaran

  • Tujuan Kognitif

Setelah melakukan proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :

    1. Menjelaskan kadar zat dalam bahan, misal pemutih pada percobaan dengan penuh tanggung jawab dan hati-hati.
    2. Menentukan kadar NaClO dalam pemutih dengan cermat dan teliti.
    3. Menjelaskan kegunaan serta manfaatnya bagi lingkungan dan manusia agar lebih peduli lingkungan.

 

  • Tujuan Afektif

Setelah melakukan proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :

1.      Lebih bersikap disiplin

2.      Menjadi lebih tekun

3.      Lebih bertanggungjawab

4.      Lebih bijak dalam pemakaian bahan-bahan pemutih

5.      Lebih cinta terhadap lingkungan

 

  • Tujuan psikomotorik

Siswa cakap dalam merancang dan melakukan percobaan penentuan kadar zat dalam bahan, misal NaClO dalam pemutih serta membuat dan mempresentasikan hasil percobaan dengan penuh tanggung jawab, rasa ingin tahu, toleransi, mengahargai pendapat, serta jujur.

 

II. Materi Ajar

Cairan pemutih (pengelantang) untuk pemutih pakaian(mencuci) banyak di jual di pasaran dengan berbagai merk dagang, misalnya baycleansunclean, dan lain-lainnya. Di dalam cairan pemutih tersebut terdapat  bahan aktif NaClO yang umumya mempunyai kadar 5,25% (menurut label). Kadar NaClO tersebut dapat ditentukan melalui titrasi volumetric dengan Na2S2O3 sebagai larutan standart.

 

III. Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  •  Praktikum dan Pemberian Tugas

 

 

 

 

 

 

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

 

  • Kegiatan Awal
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi waktu
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek kehadiran siswa. Siswa menjawab salam dari guru dan berdoa bersama dengan penuh religius. 1 menit
Apersepsi :Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan ini secara komunikatif. Guru mengaitkan materi pelajaran yang akan diajarkan dengan materi pelajaran yang lalu,yakni mengenai manfaat, dampak, dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Siswa menyimak dengan seksama tujuan pembelajaran serta pembahasan sekilas materi sebelumnya yang disampaikan oleh guru.  4 menit

 

  • Kegiatan inti
Nama Kegiatan Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Eksplorasi Guru bertanya kepada siswa tentang materi reaksi redoks yang telah dipelajari siswa sebelumnya.  5 menit
Elaborasi Guru menyampaikan materi tentang reaksi oksidasi mulai dari pengertian bilangan oksidasi, penyetaraan reaksi redoks dengan PBO dan setengah reaksi, dan dilanjutkan tentang sel volta atau sel galvani

ssxx

50 menit

Konfirmasi Guru dan siswa mendiskusikan materi yang telah dipelajari dan didapatkan kesimpulan secara umum.  15 menit
  • Kegiatan Akhir
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan secara komunikatif. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan secara komunikatif. 4 menit
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk memperdalam materi Siswa menulis tugas yang diberikan guru untuk pekerjaan rumah. 10 menit
Guru memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya secara komunikatif. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam. Siswa menjawab salam dari guru dengan penuh religius. 1 menit

 

PERTEMUAN KE-2

  • Kegiatan Awal
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi waktu
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek kehadiran siswa. Siswa menjawab salam dari guru dan berdoa bersama dengan penuh religius. 1 menit
Apersepsi :Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan pada pertemuan ini secara komunikatif. Siswa menyimak dengan seksama tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.  4 menit
  • Kegiatan inti
Nama Kegiatan Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Eksplorasi Guru bertanya kepada siswa tentang materi sel elektrolisis yang sudah dipelajari di rumah.  5 menit
Elaborasi Guru menyampaikan materi tentang sel elektrolisis, perhitungan Hukum Faraday I dan II, serta korosi. 50 menit
Konfirmasi Guru dan siswa mendiskusikan materi yang telah dipelajari dan didapatkan kesimpulan secara umum.  15 menit

 

 

  • Kegiatan Akhir
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan secara komunikatif. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan secara komunikatif. 4 menit
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk memperdalam materi Siswa menulis tugas yang diberikan guru untuk pekerjaan rumah. 10 menit
Guru memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya secara komunikatif. Siswa mendengarkan dengan seksama.
Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam. Siswa menjawab salam dari guru dengan penuh religius. 1 menit

V. Sumber Belajar

Sumber                  : Buku Ajar Kimia SMA Kelas XII, internet

Bahan                     : Lembar kerja Siswa

 

VI. Media Pembelajaran

Power Point dan Flash

VII. Evaluasi

  1. Setarakan reaksi redoks berikut dengan cara bilangan oksidasi
    1. MnO­4(aq)+ Cl­(aq)+ H+(aq)à Mn2+ (aq) + Cl2 (g) + H2O(l)
    2. KI(s) + NaClO3(s) + H2SO4(aq) à I2(g) + K2SO4(s) + NaCl + H2O(l)
    3. ClO3 + KCl + H2SO4 à K2SO4 + Cl2 + H2O
    4. Sn2+(aq) + MnO­4(aq)+ H+(aq)à Sn4+ + Mn2+ (aq) + H2O(l)
    5. MnO­4(aq) + C2O4 2-(aq) à Mn2+(aq) + CO2(g)
    6. Setarakan reaksi redoks berikut dengan cara setengah reaksi
      1. CuS + NO3 à Cu2+ + S + NO (asam)
      2. FeS + NO3 à Fe3+ + S + NO (asam)
      3. BiO3 + VO+ à Bi2O3 + VO2+ (basa)
      4. MnO­4+ Mn2+ à MnO2 (basa)
      5. NH3 + Cr2O72- à N2 + Cr2O3 (basa)
      6. Sebutkan 3 contoh reaksi redoks spontan !
      7. Diketahui beberapa sel Volta dengan notasi sel sebagai berikut :

Mg       Mg2+       Zn2+      Zn               E0 = + 1,61 V

Zn        Zn2+      Fe2+    Fe                 E0 = + 0,32 V

Mg       Mg2+     Sn2+     Sn                E0 = + 2,23 V

Tentukan harga potensial sel yang terjadi pada pasangan sel berikut :

  1. Zn      Zn2+     Zn2+     Zn
  2. Mg    Mg2+     Fe2+   Fe

 

CONTOH SOAL ULANGAN HARIAN PERTEMUAN 2

  1. Tuliskan reaksi yang terjadi di katode dan anode pada reaksi elektolisis berikut ini :

a.       Larutan asam sulfat dengan elektrode karbon

b.      Larutan CuSO4 dengan elektrode tembaga

c.       Larutan CuSO4 dengan anode tembaga dan katode besi

d.      Leburan NaCl dengan elektrode grafit

e.       Leburan Al2O3 dengan elektrode grafit

  1. Sebutkan empat faktor yang dapat mempercepat reaksi korosi! Jelaskan !
  2. Sebutkan tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya korosi! jelaskan !
  3. Arus listrik tertentu dialirkan ke dalam tiga wadah yang masing – masing berisi larutan CuSO4, larutan AgNO3, dan larutan FeCL3 secara seri. Bila pada larutan yang berisi CuSO4 di katode mengendap logam tembaga sebanyak 6,35 gram, tentukan massa perak dan besi yang mengendap pada masing – masing katode. Diketahui Ar Cu = 63,5, Ag = 108, dan Fe = 56.

 

VIII. Penilaian

  • Penilaian Kognitif

Nilai diperoleh dari hasil diskusi dalam memahami materi dan mengerjakan LKS, serta hasil evaluasi masing-masing siswa setelah pembelajaran.

  • Penilaian Afektif

Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran berlangsung.

No. Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah Ket.
1 2 3 4
1              
2              
3              
dst              
30              

Keterangan :

1 = Lebih bersikap disiplin

2 = Menjadi lebih tekun

3 = Lebih bertanggungjawab

4 = Menjadi lebih teliti

Nilai afektif   :   –  17-20    = A

                          –  13-16    = B

                          –   9-12     = C

                          –   5-8       = D

Skor                 : –   Amat baik   = 4

                          –   Baik            = 3

                          –   Cukup         = 2

                          –   Kurang        = 1

 

 

 

 

Semarang,  18 Juni 2012

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………….                                                   …………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah          :  SMA Negeri Konservasi

Mata Pelajaran         : Kimia

Kelas                        : XII

Semester                   : 1

Alokasi Waktu         : 1 x 45 menit

Pertemuan ke           : 3

 

Standar Kompetensi

2. Memahami reaksi oksidasi reduksi dan sel elektrokimia serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

2.2 Mengamati reaksi redoks dalam sel elektrolisis.

 

Indikator Kompetensi

2.2.1 Merancang dan melakukan percobaan tentang sel elektrolisi.

2.2.2 Menuliskan reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda dari elektroda suatu larutan / cairan.

 

  1. I.         Tujuan Pembelajaran
  • Tujuan Kognitif

1.    Siswa dapat menganalisis hasil elektrolisis.

2.    Siswa dapat menuliskan reaksi yang terjadi di dalam katode dan anode.

  • Tujuan Afektif

Dalam praktikum yang dilakukan diharapkan siswa dapat :

1.      Lebih bersikap teliti terhadap hasil pengamatan.

2.      Menjadi lebih tekun mempelajari materi dan mempraktekkannya dalam percobaan.

3.      Lebih bertanggungjawab dalam pembagian tugas kelompok.

  • Tujuan Psikomotorik
  1. Siswa dapat memasang seperangkat alat elektrolisis dengan benar
  2. Siswa dapat melakukan percobaan Elektrolisis
  3. Siswa dapat mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan di katoda pada reaksi elektrolisis melaui percobaan

 

  1. II.      Uraian Materi pembelajaran

( sama dengan pertemuan ke2)

  1. III.   Metode Pembelajaran
    1. Praktikum
    2. Diskusi

 

  1. IV.   Kegiatan Praktikum

a.      Kegiatan Awal

Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi waktu
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan memberi salam pembuka, berdoa bersama siswa sebelum melakukan pelajaran, serta mengecek kehadiran siswa. Siswa menjawab salam dari guru dan berdoa bersama dengan penuh religius 1 menit
Apersepsi : Guru membagi kelas menjadi kelompok – kelompok praktikum.  Siswa mengikuti petunjuk guru 4 menit

b.      Kegiatan inti

Nama Kegiatan Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Eksplorasi Guru bertanya kepada siswa tentang materi elektrolisis yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnyaGuru menyampaikan tujuan praktikum yang akan dilaksanakan pada pertemuan ini secara komunikatif.  10 menit
Elaborasi

 

 

 

 

 

 

Kelompok praktikum menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam praktikumKelompok praktikum melakukkan percobaan elektrolisis larutan Na2­SO4 dan larutan KI serta mengamati perubahan yang terjadi di kedua elektroda

Guru mengawasi jalannya praktikum

Masing – masing kelompok membuat laporan sementara hasil praktikum

ssx 

20 menit

 

 

 

Konfirmasi Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang praktikum yang telah dilakukan secara komunikatif.Guru memberikan cotoh elektrolisis dalam kehidupan sehari – hari.  9 menit

c.       Kegiatan Akhir

Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu
Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam. Siswa menjawab salam dari guru secara religius. 1 menit

 

  1. V.      Sumber Belajar

Sumber                 : Buku Ajar Kimia SMA Kelas XII, LKS, internet

Bahan                   : lembar kerja praktikum ( Terlampir )

  1. VI.   Media

            Alat dan Bahan Praktikum

VII. Alat Evaluasi

Laporan kerja praktik dan Ujian praktik

  1. VIII.       Penilaian
  • Penilaian Kognitif

Nilai diperoleh dari hasil diskusi dalam memahami materi dan mengerjakan.

  • Penilaian Afektif

Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa selama proses praktikum berlangsung.

No. Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah Ket.
1 2 3 4
1              
2              
3              
dst              
30              

Keterangan :

1 = Disiplin

2 = Tekun

3 = Bertanggungjawab

4 = Teliti

Nilai afektif :   –  17-20    = A

                        –  13-16    = B

                        –   9-12     = C

                        –   5-8       = D

 

Skor               : –   Amat baik   = 4

                        –   Baik            = 3

                        –   Cukup         = 2

                        –   Kurang        = 1

 

 

Semarang,  18 Juni 2012

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

…………………….                                                   …………………………….

 

ELEKTROLISIS LARUTAN Na2SO4 dan LARUTAN KI

 

            Pada percobaan ini akan diselidiki reaksi – reaksi yang terjadi di anode dan katode pada proses elektrolisis terhadap beberapa larutan dengan elektrode dan elektrolit yang berbeda. Hasil elektrolisis diselidiki dengan mempelajari sifat – sifat larutan yang terjadi di sekitar elektrode dengan menggunakan indikator universal, serta mengamati batang elektrode.

  1. Alat dan Bahan
    1. Alat

–          Sel konduktifitas atau pipa U

–          Elektrode Karbon dan Kabel

–          Baterai atau catu daya

–          Statif dan Klem

–          Tabung reaksi dan rak

–          Pipet tetes

–          Gelas kimia

  1. Bahan

–          Larutan Na2SO4

–          Larutan KI

–          Larutan CuSO4

–          Larutan HCl

–          Larutan NaOH

–          Indikator Fenoftalein (PP)

–          Indikator universal

–          Larutan Kanji

–          Paku dan tembaga

 

  1. Cara kerja

Pasang alatbseperti pada gambar berikut :  

 

 

 

 

  1. 1.      ELEKTROLISI LARUTAN Na2SO4 0,5 M
  2. Ambillah 50 mL larutan Na2SO4 0,5 M dan tambahkan 10 tetes indikator universal, aduk sampai bercampur homogen.
  3. Masukkan campuran tersebut ke dalam sel konduktivitas, kemudian lakukan elektrolisis sampai terjadi perubahan.
  4. Ambillah 2 mL larutan HCl 0,1 M pada tabung reaksi, kemudian tambahkan 2 tetes indikator universal. Amati yang terjadi dan bandingkan dengan warna yang terdapat pada sel konduktivitas.
  5. Ambillah 2 mL larutan NaOH 0,1 M pada tabung reaksi, kemudian tambahkan 2 tetes indikator universal. Amati yang terjadi dan bandingkan dengan warna yang terdapat pada sel konduktivitas.

 

Hasil Pengamatan

Larutan dalam ruang

Perubahan sebelum dan selama elektrolisis

Perubahan setelah elektrolisis

Sifat larutan (dibandingkan dengan hasil langkah 3 dan 4)

Anoda

     

Katoda

     

 

Pertanyaan Diskusi

  1. Berdasarkan perubahan warna yang terjadi pada anode dan katode, ion – ion apakah yang terdapat disekitar anode dan katode setelah elektrolisis? Jelaskah!
  2. Bila gas yang terjadi di anode adalah gas oksigen dan dikatode adalah gas hidrogen, tuliskan persamaan reaksi yang terjadi pada ruang anode dan ketode!

 

  1. 2.      ELEKTROLISIS LARUTAN KI 0,5 M
  2. Masukkan larutan KI 0,5 M kedalam sel konduktivitas, kemudian lakukan elektrolisis sampai beberapa waktu (kurang lebih 5 menit ).
  3. Tetesi indikator PP kedalam larutan disekitar katode (kutub negatif) dan tetesi larutan kanji kedalam larutan disekitar anode (kutub positif).
  4. Amati warna pada kedua elektrode tersebut.

Hasil Pengamatan

Larutan dalam ruang

Perubahan setelah elektrolisis

Perubahan setelah penambahan PP

Perubahan setelah penambahan amilum

Anoda

     

Katoda

     

 

Catatan :

  • Indikator PP akan berwarna merah jika jika bercampur dengan larutan yang bersifat basa.
  • Larutan kanji akan berwarna biru jika/ ungu bila bercampur dengan iodin (I2)

 

Pertanyaan Diskusi

  1. Zat apakah yang terjadi diruang anode sebagai hasil elektrolisis? Jelaskan!
  2. Ion – ion apakah yang terdapat diruang katode setelah elektrolisis? Jelaskan !
  3. Jika gas yang terjadi di katode adalah gas Hidrogen, tuliskan persamaan reaksi yang terjadi di anode dan katode !

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s