Hidrokarbon

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. Mata Pelajaran          : Kimia

Satuan Pendidikan    : SMA

Kelas/Semester           : XII/2

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

Pertemuan ke             : 1

 

  1. B.     Standar Kompetensi

Memahami senyawa organik dan makromolekul, menentukkan hasil reaksi, dan sintesa senyawa makromolekul serta kegunaannya.

 

  1. C.    Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan sruktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkan, alkanal, alkanon, alkanoat, alkil alkanoat).

  1. D.    Indikator
  • Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
  • Menentukan isomer senyawa karbon
  • Mendeskripsikan kegunaaan senyawa karbon
  • Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia melalui tes identifikasi
  1. I.          Tujuan pembelajaran
    1. Tujuan Kognitif
  • Siswa dapat menuliskan struktur senyawa karbon sebanyak empat dari lima soal yang diberikan.
  • Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan nama senyawa karbon sesuai gugus fungsi berdasarkan IUPAC dan Trivial sebanyak empat dari lima soal.
  • Siswa dapat menentukan isomer-isomer senyawa karbon tiga dari empat soal.
  • Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan masing-masing turunan senyawa hidrokarbon minimal tiga.
  • Siswa dapat menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia melalui tes identifikasi masing-masing dua dari tiga soal.
  1. Tujuan Psikomotorik
  • Siswa dapat melakukan telusur pustaka untuk mencari materi.
  1. Tujuan Afektif
  • Siswa bersikap santun di dalam maupun di luar kelas
  • Siswa rajin dan tekun dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru
  • Siswa dapat menghargai pendapat dari siswa yang lain
  • Siswa dapat bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan
  • Siawa dapat saling bertoleransi antar siswa yang lain
  1. II.       Uraian materi
    1. Turunan senyawa hidrokarbon
  • Alkanol

Nama Trivial         : Alkohol

Rumus                  : R-OH dan Gugus Fungsi      : -OH

Sifat                      :

-          Mudah bercampur dengan air karena bersifat polar.

-          Mudah terbakar.

-          Titid didih relatif tinggi karena memiliki ikatan hidrogen

-          Sebagai pelarut

-          Sebagai bahan pembuat plastik, peledak.

-          Bahan bakar

Tatanama              :

  1. Rantai utama adalah rantai terpanjang yang mengandung gugus -OH
  2. Gugus -OH harus di nomor terkecil.

                               Reaksi identifikasi alkohol :

  1. Reaksi dengan logam Na (identifikasi adanya alkohol)

Alkohol + Na(s) → Natrium alkanolat / Natrium alkoksida + H2(g)

R – OH + Na → R – Ona

  1. Reaksi oksidasi yang digunakan untuk membedakan alkohol primer, sekunder, dan tersier.
  • Alkoksi alkana

Nama Trivial         : eter

Rumus                  : R-O-R’ dan Gugus Fungsi    : -O-

Sifat                      :

-          Sukar larut dalam air.

-          Mudah menguap dan mudah terbakar uapnya.

-          Titik didih lebih rendah dibanding alkohol dalam jumlah atom C sama.

-          Sebagai pelarut senyawa karbon

-          Bahan desinfektan

-          Bahan pembius

Tatanama              :

  1. IUPAC :

-          Alkil yang lebih sederhana / lebih kecil sebagai alkoksi (akhiran –il diganti –oksi) dan alkil yang lebih besar sebagai alkana ( rantai utama)

  1. Tivial :

-          Sebutkan nama alkil sesuai urutan abjad dan diakhiri eter.

                               Sukar bereaksi

  • Alkanal

Nama Trivial         : Aldehida

Rumus                  : R-CO-H dan Gugus Fungsi  : -COH

Sifat                      :

-          Umumnya berfase cair

-          Semakin banyak atom C semakin sukar larut dalam air

-          Formalin digunakan untuk mengawetkan spesimen biologi

-          Bahan baku pembuatan damar sintetik dan plastik

-          Etanal untuk pembuatan zat warna

Tatanama              :

  1. Gugus –CHO selalu dihitung sebagai nomor satu.

Reaksi – reaksi aldehide :

  1. Reaksi oksidasi

          Aldehide merupakan reduktor kuat sehingga dapat mereduksi oksidator – oksidator lemah seperti Fehling dan Tollens.

  1. Aldehide + fehling → asam karboksilat + end merah bata

      O                                  O

       ‖                                    ‖

R – C – H + 2CuO → R – C – OH + Cu2O

                                                               End merah bata

  1. Aldehide + tollens → asam karboksilat + end perak

       O                                   O

        ‖                                     ‖

R – C – OH + Ag2O → R – C – OH + 2Ag(s)

                                                                                    cermin perak

 

  • Alkanon

Nama Trivial         : keton

Rumus                  : R-COR’ dan Gugus Fungsi              : -CO-

Sifat                      :

-          Semakin bertambah rantai atom karbon maka kelarutasn dalam air berkurang

-          Umumnya memiliki bau harum

-          Aseton digunakan untuk pembersih cat kuku, pelarut selulosa dalam produksi rayon

Tatanama              :

  1. Rantai terpanjang dengan gugus karbonil CO adalah rantai utama.
  2. Gugus –CO harus di nomor terkecil

Reaksi – reaksi keton :

  1. Keton tidak dapat dioksidasi
  2. Reaksi adisi dengan gas hidrogen

      O                             O

       ‖                               ‖

R – C – R’ + H2 → R – C – R’

                                       ‖

                                      H

  • Asam alkanoat

Nama Trivial         : Asam Karboksilat

Rumus                  : R-COOH dan Gugus Fungsi                        : -COOH

Sifat                      :

-          Mudah larut dalam air

-          ,akin panjang rantai alkil semakin lemah asam alkanoat

-          Asam format untuk menggumpalakan karet, membunuh hama, penyamakan kulit

-          Asam asetat untuk bahan membuat makanan.

Tatanama              :

-          Tentukan rantai utama yang mengandung gugus fungsi –COOH

-          Penomoran selalu dari C gugus fungsi sehingga atom karbon pada gugus fungsi –COOH selalu bernomor 1.

-          Urutan pemberian nama : asam-nomor alkil- nama alkil-nama alkanoat dari rantai utama.

Reaksi – reaksi asam alkanoat :

Reaksi dengan basa membentuk garam

R – COOH + OH- → R – COO- + H2O

  • Alkil alkanoat

Nama Trivial         : Ester

Rumus                  : R-COOR’ dan Gugus Fungsi           : -COO-

Sifat                      :

-          Mr rendah larut dalam air

-          Ester dengan C1-C10 mudah menguap dan berbau buah- buahan.

-          Sebagai essence buatan berbau buah – buahan

-          Amil asetat sebagai pelarut damar

Tatanama              :

Gugus alkilnya selalu berikatan dengan O.

Reaksi – reaksi ester :

  1. Ester + air mengalami hidrolisis menghasilkan asam karboksilat dan alcohol

R – COOR + H2O → R – COOH + R – OH

  1. Ester + basa → garam karboksilat + alkohol

R – COOR + OH- → R – COO- + R – OH-

 

  1. III.    Metode
    1. Diskusi
    2. Ceramah                                                                                                                             

 

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar Aktivitas belajar Alokasi waktu
Kegiatan awal Eksplorasi : guru membuka kelas dengan mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memancing keingintahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan, yaitu : menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentang senyawa hidrokarbon dengan mengembangkan jawaban-jawaban yang muncul dengan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.“ adakah yang tahu apa itu hidrokarbon?” 15 menit
Kegiatan inti Elaborasi : guru menjelaskan materi tentang struktur, cara penulisan, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon dengan metode ceramah.- guru menjelaskan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon.- guru sesekali menunjuk siswa untuk mengerjakan latihan di depan kelas.  60 menit
Kegiatan akhir Konfirmasi : guru dan siswa membuat kesimpulan tentang senyawa hidrokarbon, kemudian guru memberikan tugas serta menyampaikan kepada siswa tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. 15 menit

 

 

 

  1. V.       Alat evaluasi
  • Soal :
  • Ulangan
  • Tugas

 

 

Penilaian

 

Nilai =

 

 

 

  1. VI.    Sumber belajar
  • Buku Kimia SMA kelas XII
  • Buku-buku lain yang relevan
  • LKS

 

  1. VII.  Media

-          Papan Tulis

-          LCD

-          Laptop

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

  1. A.    Mata Pelajaran          : Kimia

Satuan Pendidikan    : SMA

Kelas/Semester           : XII/2

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

Pertemuan ke             : 2

 

  1. B.     Standar Kompetensi

Memahami senyawa organik dan makromolekul, menentukkan hasil reaksi, dan sintesa senyawa makromolekul serta kegunaannya.

 

  1. C.    Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan sruktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana, alkanol, alkoksi alkan, alkanal, alkanon, alkanoat, alkil alkanoat).

 

  1. D.    Indikator
  • Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
  • Menentukan isomer senyawa karbon
  • Mendeskripsikan kegunaaan senyawa karbon
  • Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia melalui tes identifikasi

 

  1. I.         Tujuan pembelajaran
  2. Tujuan Kognitif
  • Siswa dapat menuliskan struktur senyawa karbon sebanyak dua dari tiga soal yang diberikan.
  • Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan nama senyawa karbon sesuai gugus fungsi berdasarkan IUPAC dan Trivial sebanyak empat dari lima soal.
  • Siswa dapat menentukan isomer-isomer senyawa karbon tiga dari empat soal.
  • Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan masing-masing turunan senyawa hidrokarbon minimal tiga.
  • Siswa dapat menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia melalui tes identifikasi masing-masing dua dari tiga soal.
  1. Tujuan Psikomotorik
  • Siswa dapat melakukan telusur pustaka untuk mencari materi.
  1. Tujuan Afektif
  • Siswa bersikap santun di dalam maupun di luar kelas
  • Siswa rajin dan tekun dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru
  • Siswa dapat menghargai pendapat dari siswa yang lain
  • Siswa dapat bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan
  • Siswa dapat saling bertoleransi antar siswa yang lain

 

  1. II.         Uraian materi

Isomer adalah dua senyawa yang memiliki rumus molekul sama tetapi strukturnya berbeda.

Penggolongan Isomer :

  1. Isomer struktur

Adalah senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama tetapi mempunyai penataan posisi atom yang berbeda. Misal :

H3C−CH2−CH2−CH3         dan      H3C−CH2−CH3

                                                                  CH3

        n-butana                                  2-metil propana

  1. Isomer geometri

Adalah senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama tetapi memiliki penataan ruang yang berbeda.

H3C                CH3                  H­­3C               H

          C     C            dan                  C      C

    H                H                    H3C                  H

 

 

  1. Isomer fungsi

Adalah senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama tetapi memiliki gugus fungsi yang berbeda.

 

senyawa Isomer fungsi Rumus molekul Struktur molekul Contoh
Alkohol Eter CnH2n+2O R−OH (alkohol)R−O−R (eter) CH3CH2OHCH3−O−CH3
Aldehid Keton CnH2nO      OR−C−H   (aldehid)     OR−C−R   (keton)

 

 

                    OCH3−CH2−C−H(Propanal)          O

CH3−C−CH3

(propanon)

Asam Karboksilat Ester CnH2nO2      OR−C−OH(asam karboksilat)     O

R−C−OR

(ester)

                    OCH3−CH2−C−OH(asam propanoat)          O

CH3−C−OCH3

(meti etanoat)

 

 

 

  1. III.      Metode
    1. Diskusi
    2. Ceramah

 

  1. IV.      Kegiatan belajar mengajar
Kegiatan belajar Aktivitas belajar Alokasi waktu
Kegiatan awal Eksplorasi : guru membuka kelas dengan mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memancing keingintahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan, yaitu : menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya dengan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas pada pertemuan tersebut, serta mengembangkan jawaban-jawaban yang muncul dengan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.“apa yang kalian ketahui tentang isomer itu?” 15 menit
Kegiatan inti Elaborasi : guru menjelaskan materi tentang macam-macam isomer senyawa karbon dan contonya dengan metode ceramah.- guru menjelaskan tentang isomer senyawa karbon.- guru sesekali menunjuk siswa untuk mengerjakan latihan di depan kelas.  60 menit
Kegiatan akhir Konfirmasi : guru dan siswa membuat kesimpulan tentang isomer senyawa hidrokarbon, kemudian guru memberikan tugas. 15 menit

 

 

 

  1. V.         Alat evaluasi
  • Soal
  • Ulangan
  • Tugas

 

 

Penilaian

 

Nilai =

 

 

  1. VI.      Sumber belajar
  • Buku Kimia SMA kelas XII
  • Buku-buku yang relevan
  • LKS

 

  1. VII.   Media

-          Papan Tulis

-          LCD

-          Laptop

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

  1. Tuliskan struktur dari 3-etil-2,3-dimetil-2-pentanol
    1. Tuliskan struktur dari 3-etil-4-metil heksanoat
    2. Tuliskan struktur dari 2-etoksi-2-metil propana
    3. Tuliskan struktur dari formaldehide dan asetaldehide
    4. Tuliskan struktur dari asam-2-metilbutanoat
    5. Berilah nama struktur : CH3CHOHCH2CH(CH3)CH(CH3)2
    6. Berilah nama strtuktur dari C(CH3)3COOH
    7. Berilah nama struktur dari CH3CH(CH3)OCH2CH3
    8. Berilah nama struktur dari CH3CH(CH3)CH2COCH(C2H5)CH3
    9. Berilah nama struktur dari (CH3)2CHCOOCH(CH3)2
    10. Tentukan jumlah isomer, nama senyawa, dan jenis isomer pada senyawa yang memilki rumus molekul C4H10O !
    11. Ada berapa jumlah isomer fungsi dari C2H4O ?
    12. Tentukan jumlah isomer dari C3H6O!
    13. Tentukan jumlah isomer dari C2H4O2!
    14. Sebutkan kegunaan masing-masing turunan senyawa hidrokarbon minimal 3!
    15. Sebutkan macam – macam isomer  senyawa turunan hidrokarbon !
    16. Sebutkan pasangan isomer fungsi dari senyawa karbon !
    17. Apa kegunaan dari masing – masing senyawa karbon ?
    18. Tulislah persamaan reaksi untuk setiap proses berikut ini :
      1. Pembuatan asetaldehide sari etanol
      2. Asetakdehide + Tollens
      3. Formaldehide + Fehling
      4.  Turunan hidrokarbon apa saja yang dapat dibedakan dengan pereaksi Fehling?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s